NARMADA, 1 Oktober 2020 Upacara peringatan hari kesaktian PANCASILA di SMAN 1 NARMADA berjalan khitmad meskipun ditengah Pandemi COVID 19. Upacara sendiri Dilaksanakan secara khusus oleh siswa siswi yang tergabung dalam ekskul Paskib SMAN 1 NARMADA. Peserta upacara tetap mematuhi protokol COVID 19 yaitu penggunaan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung. Dengan peringatan hari KESAKTIAN PANCASILA ini diharapkan para siswa dapat mengambil pelajaran berharga dari sejarah perjuangan para pejuang kemerdekaan bangsa.

Peringatan hari kesaktian PANCASILA dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih. Hal ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya demi bangsa dan negara.

Penentuan hari kesaktian Pancasila ini sebagaimana Dikutip dari detik.com Hari Kesaktian Pancasila diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Dalam surat tersebut, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan TNI Angkatan Darat. Selanjutnya ada usul dari Menteri/Angkatan Kepolisian terkait peringatan Kesaktian Pancasila.

Dengan usul tersebut, akhirnya keluar Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan Jenderal Soeharto (Kep/B/134/1966). Surat tertanggal 29 September 1966 memerintahkan, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh slagorde (jajaran) angkatan bersenjata dengan mengikutkan masyarakat.

Berbekal surat tersebut, upacara 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali selama Orde Baru. Selanjutnya, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila terus dilakukan hingga saat ini. Untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020, upacara dilakukan virtual untuk menekan risiko penularan COVID-19.

By admin

X