BERITA

  • Aktualisasi Pendidikan Kepramukaan SMAN 1 NARMADA 2019

    Aktualisasi Pendidikan Kepramukaan SMAN 1 NARMADA 2019

    Narmada, pelaksanaan pendidikan kepramukaan di sekolah sebagai salah satu cara memupuk kemandirian dan kreatifitas siswa. (jumat, 14/06/3019)
     
    Penetapan kepramukaan sebagai ekstrakulrikuler wajib di tingkat Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mewajibkan peserta didik untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan kepramukaan. Dasar Hukumnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Dalam Permen ini salah satunya mengatur tentang pengorganisasian model pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan pada kurikulum 2014.
     
    Adapun ekstrakurikuler wajib kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan tiga model yaitu Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler. Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum. 
     
    Sementara itu Model Aktualisasi adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan. Bersifat wajib, rutin, terjadwal, berlaku untuk seluruh peserta didik dalam setiap kelas, terjadwal, dan diberikan penilaian formal. Dan yang terakhir Model Reguler adalah kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.
     
    Penerapan pendidikan kepramukaan di SMAN 1 NARMADA sendiri menggunakan model blok dimana para siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan setiap semester. Kepramukaan ini juga menjadi salah satu syarat untuk kenaikan kelas siswa. Selain itu tujuan kegiatan ini untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, kreatifitas dan saling menghargai satu sama lain. Dalam pelaksanaannya pendidikan kepramukaan di integrasikan dengan KD Masing-masing mata pelajaran. 

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks